Cara Daftar Lowongan Kerja CPNS, BUMN, Startup Semua Dibahas Lengkap!

Menjadi PNS, pegawai BUMN menjadi banyak impian banyak orang. Alasannya karena gajinya tinggi dan mendapatkan assuransi serta bonus dan pesangon. Selain itu jenjang kariernya juga menjanjikan, mendapatkan jaminan untuk masa depan, uang pensiun bahkan bisa mendapatkan beasiswa untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 atau S3).

Mendaftar pekerjaan menjadi PNS, BUMN dan startup tidak bisa sembarangan. Karena sekarang sudah ada prosedur atau cara daftarnya yang masing-masing berbeda tidak seperti melamar pekerjaan ke perusahaan pada umumnya.  Untuk lebih jelasnya simak ulasan cara daftar lowongan kerja jadi PNS, BUMN dan startup yang akan kita bahas dalam artikel berikut ini.

Cara Melamar Jadi PNS

Melamar atau mendaftarkan diri menjadi PNS wajib melalui situs atau website resmi BKN di sscn.bkn.go.id. Adapun persyaratannya di antaranya adalah warga negara Indonesia,usia pendaftar 18 – 35 tahun, berkelakuan baik (tidak pernah melakukan tindakan pidana kriminal), memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang dipilih, sehat jasmani dan rohani, bersedia ditempatkan di manapun.

Syarat lainnya pelamar harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia online dan menyiapkan semua persyaratan dan mengikuti tata cara yang sudah ditentukan. Nah, berikut ini kami akan berbagi informasi seputar tips mendaftar/melamar menjadi PNS yang bisa Anda jadikan rujukan.

Sebelum mendaftar pastikan posisi, penempatan dan administrasinya sudah sesuai. Pelajari formasi yang akan didaftar, ketahui dimana area dan pekerjaan yang dipilih sesuai dengan keadaan dan keinginan.

Baca dengan teliti persyaratan apa saja yang harus disiapkan, perlu diketahui setiap masing-masing lembaga memiliki persyaratan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Adapun biasanya dokumen yang harus disiapkan, seperti KTP,  KK, Pas Foto,  Ijazah, Transkrip Nilai yang sudah dilegalisir dan dokumen lainnya sesuai dengan ketentuan dari instansi/kementerian yang dilamar.

Biasanya tes CPNS menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test, baik itu tes SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar dan SKB, Seleksi Kompetisi Bidang. Materinya seputar wawasan kebangsaan, intelijensi umum dan psikotes. Jika Anda ingin melihat peluang di lembaga yang lebih tinggi, sebaiknya jangan terburu-buru mendaftar. Tunggu sampai BKN merilis grafik pendaftar. Dengan demikian Anda bisa melakukan perbandingan dan memetakan persaingan berapa jumlah yang dibutuhkan.

Apabila semua persyaratan sudah disiapkan, langkah cara daftar lowongan kerja jadi PNS selanjutnya adalah membuat akun di website atau situs resmi SSCN dan memindai dokumen yang dijadikan persyaratan oleh instansi yang Anda pilih. Berikut langkah-langkah membuat akun di SSCN:

  • Isi dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  • Isi nomor KK (Kartu Keluarga).
  • Selanjutnya Anda bisa login dengan NIK dan kata sandi yang sudah dibuat.
  • Langkah selanjutnya, mengunggah swafoto dengan memegang KTP.
  • Kemudian isi biodata dan pilih instansi, formasi dan jabatan yang Anda inginkan. Pilih masing-masing satu.
  • Baca kembali data yang sudah Anda isi dengan cermat. Jika tidak ada yang salah dan yakin, klik “kirim”.
  • Anda sudah bisa mencetak kartu pendaftaran yang nantinya dijadikan bukti bahwa Anda sudah menyesaikan proses pendaftaran melalui website SSCN.

Pendaftaran CPNS hanya bisa dilakukan pada saat pendaftaran dibuka dan hanya melalui situs SSCN. Perlu Anda ketahui belum tentu setiap tahun dibuka lowongan CPNS, walaupun demikian tidak ada salahnya mengetahui terlebih dahulu apa saja persyaratan yang harus disiapkan dan bagaimana tata cara mendaftar agar nantinya dapat berjalan lancar.

Yang tidak kalah penting siapkan diri membaca, berlatih soal materi-materi yang akan dijadikan tes. Sekarang sudah banyak buku latihan soal CPNS yang bisa Anda dapatkan di toko-toko buku atau di internet. Pada waktu mengerjakan soal, kerjakanlah soal-soal yang mudah terlebih dahulu, kemudian isi soal yang sulit

Cara Melamar Kerja Di BUMN

Selain menjadi PNS, bekerja di BUMN juga menjadi dambaan banyak orang. Beberapa perusahaan BUMN yang menjadi incaran seperti PT Pertamina, perusahaan milik negara yang bergerak di bidang minyak dan gas. Selain Pertamina, lowongan kerja PT KAI juga ditunggu oleh banyak pelamar. Ada juga perusahaan yang bergerak di bidang perbankan seperti: PT Bank Mandiri, BRI dan BTN. 

Garuda Indonesia, PT Wijaya Karya (WIKA), Telkom, PLN juga masuk ke dalam perusahaan BUMN.

Sama halnya dengan melamar pekerjaan menjadi PNS, melamar pekerjaan ke Badan Urusan Milik Negara atau yang disingkat BUMN harus mendaftar secara online. Sebelum mendaftar, siapkan terlebih dulu surat lamaran pekerjaan yang benar dan menarik, namun tidak berlebihan. Jangan lupa melampirkan sertifikat seminar, keahlian atau keterampilan yang Anda kuasai. Pastikan Anda adalah orang yang BUMN butuhkan/ cari.

Nah, berikut ini cara daftar lowongan kerja atau beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melamar ke BUMN.

  • Menyiapkan Dokumen Sesuai Persyaratan

Sekarang sistem pendaftaran kerja di BUMN sudah canggih dan modern. Anda harus siap mengunggah semua dokumen yang diminta. Jika tidak lengkap maka aplikasi tidak bisa dilanjutkan.

  • Menyiapkan Sertifikat Bahasa

Melamar pekerjaan di perusahaan BUMN sebaiknya membekali kemampuan berbahasa Inggris dengan baik dan benar. Standar nilai TOEFL yaitu antara 450-500. Siapkan jauh hari sebelum pendaftaran, karena proses mendapatkan sertifikat bahasa membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu.

  • Pilih Perusahaan BUMN Yang Tepat

Perusahan BUMN tidak hanya satu, Anda bisa memilihnya sesuai dengan keahlian dan keinginan. Begitu juga dengan departemen yang ada di dalamnya juga beragam dan memiliki fungsinya masing-masing. Jangan terlalu kaku memilihnya, tidak ada salah mencoba karena bisa jadi kesempatan Anda bekerja ternyata di perusahaan Badan Usaha Milik Negara lainnya.

Sambil menunggu BUMN membuka lowongan, ada baiknya mengisi kekosongan waktu dengan kan mengikuti kursus mengasah keahlian agar pada saat mendaftar, Anda memiliki nilai plus dibandingkan dengan pelamar lainnya.

Cara Melamar Di Perusahaan Startup

Bekerja di perusahaan startup menjadi dambaan banyak anak-anak muda zaman sekarang, terutama bagi yang suka tantangan, bekerja secara dinamis, lebih fleksibel dengan lingkungan yang happy pastinya.

Startup adalah perusahaan yang baru berkembang, biasanya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Sekarang ini di Indonesia sudah mulai bermunculan perusahaan ini dan jangan dianggap remeh, karena sudah banyak yang menjadi perusahaan besar dan memberikan kontribusi perekonomian negara, seperti Traveloka, Gojek, Tokopedia dianggap mampu menyaingi perusahan raksasa.  

Walaupun perusahaan baru, namun perusahaan startup selalu mempekerjakan orang yang sudah memiliki pengalaman atau skill. Hal ini cukup wajar, karena pada tahap awal tentu perusahaan membutuhkan pekerja yang mengerti dan ahli di bidangnya agar perusahaan dapat berkembang dengan cepat. Karena hal inilah, tidak sedikit pelamar yang baru memulai pengalaman kerja tersingkir.

Jika Anda baru memulai pengalaman kerja, jangan khawatir karena tanpa ada pengalaman kerja tetap berpeluang bekerja di perusahaan dengan catatan memperhatikan beberapa hal berikut ini

  • CV Yang Simple, Menarik Dan Jelas

Curriculum vitae atau CV berisi riwayat hidup, seperti: identitas, riwayat pendidikan, riwayat pengalaman pekerjaan dan prestasi. CV yang menarik bisa menjadi nilai tambah. Jika Anda belum pernah memiliki pengalaman kerja bisa mencantumkan pengalaman berorganisasi atau prestasi. Misalnya, pernah menjadi juara desain, menjadi pemenang kompetisi bahasa.

  • Mengirimkan Persyaratan Tepat Waktu

Semenarik apapun CV dibuat jika melebihi batas waktu sudah tidak berlaku. Oleh sebab itu, penting mencatat batas waktu pengiriman berkas lamaran. Sekarang mengirim berkas lamaran pekerjaan tidak hanya melalui pos, tapi bisa dikirim melalui email perusahaan.

  • Mempersiapkan Diri Mengikuti Tes Dan Wawancara

Jika lolos seleksi, maka Anda akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu mengikuti tes. Biasanya berupa tes tulis. Jadi persiapkan diri sebelum tes agar bisa menjawab soal dengan benar. Jika hasilnya bagus maka Anda bisa masuk ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara.

Siapkan materi untuk menghadapi wawancara kerja. Pelajari profil perusahaan dan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Dengan mempersiapkan diri jauh-jauh hari diharapkan Anda lebih siap dan percaya diri menjawab semua pertanyaan.

Mau Kerja Di Bidang Yang Mana?

Jangan mudah tergiur dengan tawaran cara daftar lowongan kerja jadi PNS, BUMN dan startup dengan iming-iming yang tidak masuk akal, atau instan. Sudah bukan rahasia lagi masih banyak oknum yang menawarkan pendaftaran dengan proses yang cepat. Biasanya syaratnya Anda harus membayar sejumlah uang yang jumlahnya tidak sedikit. Karena pendaftaran dan penyeleksian lamaran khususnya PNS dan BUMN hanya dilakukan melalui website atau portal resmi.

Jika tahun ini Anda gagal diterima, jangan patah semangat. Kumpulkan semua file dalam satu folder, mulai dari dokumen yang jadi persyaratan, semua materi dan kelengkapan lainnya. Data-data tersebut bisa digunakan atau dipelajari lagi untuk mendaftar tahun berikutnya. Siapkan diri dengan meningkatkan keahlian dan kemampuan yang Anda miliki. Ini akan sangat berguna saat Anda melamar pekerjaan, terlebih lagi jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan sebagai PNS, pegawai BUMN atau pegawai perusahaan startup atau perusahaan lainnya.

Bekerja menjadi PNS, pegawai BUMN atau bekerja di perusahaan startup bukan hanya sekedar gaji dan tunjangan yang besar, bukan hanya tentang masa depan cerah, namun juga terus belajar, memiliki integritas yang tinggi, mampu beradaptasi dengan sistem dan bekerja sama (jika kerja tim). Sudah seharusnya mempersiapkan diri dan mengikuti aturan dan siap dengan segala hal yang menjadi konsekuensinya.

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel bahwa menjadi PNS, pegawai BUMN dan startup menjadi daya tarik banyak orang. Namun tidak semua orang tertarik atau enggan berkecimpung. Namun ada beberapa alasan menariknya kerja di tiga perusahaan/lembaga tersebut yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Alasan pertama merupakan cara yang kongkret untuk turun tangan dan merubah kondisi, membuka peluang untuk dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Karena beberapa instansi/perusahaan pemerintah menawarkan kesempatan untuk PNS mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Selain itu, terbuka kesempatan meneruskan jenjang karier yang tinggi dan jelas. Bahkan jika Anda memiliki prestasi dalam pekerjaan dan mendapatkan kepercayaan dari pimpinan bisa menduduki jabatan struktural atau fungsional.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik mendaftarkan diri menjadi PNS, BUMN atau bekerja di perusahaan startup. Jika ya, apa yang membuatmu ingin mendaftarkan diri? Jika tidak apa alasannya? Atau berbagi tips cara daftar lowongan kerja yang tidak sempat kami ulas. Yuk berbagi cerita dan diskusi dengan sopan di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Leave a Comment