Tips Cari Kerja Cepat Diterima Untuk Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Tidak sedikit yang setelah lulus SMK atau sekolah sederajat lainnya yang memutusan langsung bekerja. Bagi lulusan SMK mungkin sudah tidak begitu bingung memilih jenis pekerjaan apa yang cocok, karena selama masa sekolah sudah dibekali keahlian khusus sesuai dengan jurusan. Misalnya, jurusan multimedia setelah lulus SMK sudah bisa bekerja membuat desain poster, edit foto dan lain sebagainya.

Namun, kenyataannya walaupun sudah disiapkan untuk siap kerja namun tidak sedikit lulusan SMK selepas lulus sulit mendapatkan pekerjaan. Situasi tersebut bisa disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya adalah karena  persaingan di dunia kerja semain ketat, membuat tidak sedikit lulusan SMK yang sulit mendapatkan pekerjaan. Perjuangan para lulusan SMK untuk bisa langsung bekerja setelah lulus tidaklah semudah yang dibayangkan. Perlu usaha untuk mewujudkannya, mulai dari: mencari informasi, biaya dan waktu.

Apabila sudah dipikirkan dengan matang ingin bekerja setelah lulus, tentu sudah harus disiapkan semua hal yang disiapkan. Tips cari kerja setelah lulus SMK yang harus diperhatikan di antaranya adalah harus memiliki keahlian (skill) dibandingkan dengan para calon pelamar kerja lainnya, memiliki motivasi yang kuat untuk mengembangkan keahlian. Selain itu juga harus siap berkompetisi dalam dunia pekerjaan atau jika ingin membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Menghubungi Kakak Kelas Atau Bergabung Dengan Grup Alumni

Selama menempuh Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan tentu kenal dengan kakak tingkat. Jika kamu kenal/akrab dengan kakak kelas bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi seputar lowongan kerja. Apalagi jika mereka sudah bekerja. Nah sebab itu memiliki kontak dan menjalin hubungan baik dengan alumni bisa dijadikan relasi dan sangat membantu mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan. Selain itu, bisa minta pendapat atau bertanya seputar tips cari kerja dan hal lainnya yang berhubungan dengan dunia pekerjaan.

Jika tidak punya nomor kontak para alumni, solusinya bisa menjalin perkawanan di media sosial atau masuk grup alumni. Sehingga lebih mempermudah komunikasi jika Anda ingin bertanya kepada mereka khususnya yang sudah bekerja, apakah di tempat kerjanya ada lowongan pekerjaan yang bisa dilamar.

Pilih Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Keahlian Atau Bakat Anda

Seperti yang sudah kita tahu, di SMK ada berbagai jurusan kejuruan, mulai dari : teknik, otomotif, pariwisata, seni, kesehatan, tata boga, multimedia dan lain sebagainya. Dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlian lebih memudahkan proses bekerja nantinya jika Anda diterima. Selain itu perusahaan juga lebih mengutamakan pelamar yang memiliki keahlian yang tepat untuk menepati posisi kosong di perusahaannya.

Oleh sebab itu ketahui dan gali terus potensi yang ada pada diri Anda. Dengan mengetahui minat, keahlian serta kelebihan yang Anda miliki, akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang tepat setelah lulus SMK.

Mengunjungi Bursa Kerja Khusus

BKK atau Bursa Kerja Khusus biasanya digelar di Sekolah SMK. Event ini diselenggarakan atas kerja sama sekolah dengan perusahaan. Biasanya sekolah akan menyelenggarakan tes seleksi dan BKK menggunakan sistem member. Selain mengunjungi bursa kerja khusus, Anda bisa mendaftar di yayasan atau perusahaan penyalur kerja.  Pastikan yayasan atau perusahaan penyalur kerja resmi yang terpercaya dan menjalin hubungan kerja sama dengan sekolah SMK Anda atau SMK lainnya. Hal ini untuk menghindari Anda terkena penipuan.

Cari Informasi Dan Ikutilah Job Fair

Tips cari kerja berikutnya adalah dengan menghadiri acara job fair. Job Fair adalah event yang di dalamnya diisi oleh berbagai macam perusahaan yang membutuhkan pegawai baru. Tidak tanggung-tanggung banyak sekali perusahaan yang mencari karyawan baru melalui event ini.

Biasanya setiap tahun di kota-kota besar digelar acara job fair. Nah jangan sampai Anda ketinggalan informasi waktu dan tempat job fair yang diadakan di kotamu. Karena di acara job fair banyak sekali perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, jadi bisa sekaligus melamar ke lebih dari satu perusahaan.

Sebelum ke acara job fair, persiapkan semua persyaratan melamar pekerjaan dan buat beberapa rangkap. Selain itu, gunakan pakaian yang nyaman dan formal karena kadang ada perusahaan yang membuka sesi wawancara langsung jika persyaratan yang kamu siapkan memenuhi syarat.

Karena banyaknya lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan, agar lebih fokus dan tidak buang-buang waktu sebaiknya cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan bakatmu. Jangan hanya berpatokan pada besarnya gaji yang diberikan tapi pertimbangkan pula potensi untuk ke depannya. Pilihlah pekerjaan yang bakat dan keahlianmu bisa dikembangkan.

Cari Informasi Lowongan Pekerjaan Di Internet

Dengan adanya internet semakin mempermudah kita mendapatkan berbagai informasi, tidak terkecuali info seputar lowongan pekerjaan. Tapi sebaiknya jangan langsung mudah percaya dengan informasi yang didapat melalui internet. Sudah bukan rahasia lagi banyak kasus penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan perusahaan abal-abal yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Untuk mencegah terkena tipu, baca dan pelajari dengan teliti website dan profil perusahaan. Biasanya perusahaan abal-abal/ peniru perusahaan besar tampilan websitenya tidak profesional dan menggunakan domain gratis dan cenderung meminta bayaran.

Jika ada lowongan pekerjaan yang benar dan Anda tertarik memasukkan lamaran, jangan lupa baca kapan tenggat waktu dan masa berlakunya. Jangan sampai mengirim lamaran ke lowongan yang masa deadlinenya sudah habis. Karena tidak sedikit kita menemukan lowongan pekerjaan di internet yang sudah tidak berlaku.

Bergabung Di Grup Lowongan Pekerjaan Di Media Sosial

Tips cari kerja melalui media internet berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial, yaitu bergabung dengan grup-grup atau halaman khusus lowongan pekerjaan, seperti Facebook, Twiter, Line, Instagram, dan media sosial lainnya.  Seperti namanya, biasanya didominasi oleh konten-konten berbagi informasi seputar lowongan kerja. Dengan demikian, Anda bisa lebih cepat dan mudah mendapatkan info pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan kompetensi.

Hadir Di Bursa Kerja Yang Legal

Biasanya Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi membuka bursa kerja. Tidak ada salahnya dan jangan malu datangi kantor Kemenakertrans yang ada di Kotamu untuk mendapatkan informasi. Bursa kerja legal ini dijamin lebih aman, karena informasi dan yang mengadakannya langsung dari sumbernya. Sehingga tidak ada risiko terkena penipuan.

Kontak Perusahaan Di Tempat PKL Semasa Sekolah

Bagi Anda lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pasti pernah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang di sebuah perusahaan. Nah, pada waktu lulus SMK jangan sungkan untuk menghubungi atau mendatangi perusahaan tempatmu dulu PKL atau magang. Siapa tahu di sana sedang dibuka lowongan pekerjaan atau kamu bisa meminta informasi kapan dibuka lowongan.

Bekerja di perusahaan tempat PKL atau magang tidak akan sesulit bekerja di perusahaan baru. Karena sudah pernah merasakan dan beradaptasi. Selama waktu magang bisa siapkan diri untuk mendapatkan nilai baik, agar perusahaan tahu kredibilitas kerja Anda sehingga pada waktu Anda datang perusahaan sudah tidak ragu lagi dengan keahlian yang Anda miliki.

Siapkan Semua Persyaratan Lamaran Pekerjaan

Sebelum melamar pekerjaan maka terlebih dahulu harus melengkapi syarat-syarat melamar kerja. Biasanya setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda. Namun umumnya yang harus disiapkan dan dilengkapi adalah sebagai berikut.

  • Surat lamaran kerja, wajib dilampirkan. Biasanya ditulis tangan tapi ada beberapa perusahaan yang mengharuskan diketik. Menulis surat lamaran harus menggunakan bahasa yang formal dan benar. Jangan bertele-tele.
  • Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae), dilampirkan di lembar tersendiri atau terpisah dengan lembaran surat lamaran. Buat semenarik mungkin, sekarang sudah banyak aplikasi CV yang bisa didownload sesuai dengan kebutuhan. Catat pengalaman atau prestasi yang sudah Anda capai, bisa juga dilampirkan fotocopy sertifikat dan piagam.
  • Fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir. Biasanya ada perusahaan yang minta dilampirkan pula ijazah SD dan SMP.
  • Fotocopy identitas diri (KTP), Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKCK) dari kepolisian.
  • Surat keterangan sehat fisik dan rohani.
  • Pas foto, biasanya ada yang ukurannya 2×3, 3×4, atau 4×6. Ada juga yang meminta foto close up atau semua badan, tergantung permintaan perusahaan.

Semua kelengkapan dan syarat-syarat lamaran pekerjaan harus disiapkan beberapa hari sebelumnya, agar lebih matang dan siap. Persyaratan yang lengkap merupakan tahap awal agar Anda dapat diterima untuk mengikuti proses selanjutnya, yaitu mengikuti tes dan panggilan wawancara. Tidak sedikit para pelamar kerja yang tidak lolos tahap awal karena administrasinya kurang atau tidak profesional.

Menghadiri Panggilan Wawancara Kerja

Setiap perusahaan memiliki sistem dan caranya masing-masing. Ada yang pelamar membawa langsung surat lamaran, kemudian langsung melakukan wawancara kerja. Namun ada juga perusahaan yang menggunakan sistem, pelamar mengirimkan dulu surat lamaran lalu diseleksi dan yang lolos seleksi melakukan sesi wawancara.

Jika surat lamaran kerja diterima atau lolos secara administratif selanjutnya Anda akan mendapatkan panggilan wawancara. Manfaatkanlah momen tersebut, jangan sampai tidak hadir. Karena panggilan wawancara kerja hanya satu kali kesempatan. Sebelum hari wawancara, pelajari terlebih dahulu materi yang sekiranya akan jadi pertanyaan. Jangan lupa cari informasi dan pelajari perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

Yang tidak kalah penting, gunakan pakaian formal dan rapi saat wawancara. Pastikan pakaian dan sepatu yang digunakan nyaman.

Demikian informasi seputar tips cari kerja untuk lulusan SMK, jangan takut untuk memulai mencari pekerjaan walau usia masih muda. Di luar sana banyak para pekerja lulusan SMK atau sederajat lainnya yang bingung untuk mengawalinya. Jika tidak berani untuk memulainya, maka tidak akan pernah maju dari garis start.

Jangan sampai terlambat, alangkah baiknya mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Mengasah keahlian, kemampuan serta pengetahuan. Membuka diri mempelajari dan menerima berbagai wawasan yang belum pernah diketahui sebelumnya dengan belajar.

Banyak cerita unik dan menarik yang bisa dijadikan motivasi seputar proses mencari pekerjaan, tidak hanya para lulusan SMK, namun juga lulusan SMA, S1 bahkan S2. Bekerja menjadi salah satu target dalam kehidupan yang ingin dicapai. Dengan bekerja, selain mendapatkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan, juga menjadi aktivitas untuk terus belajar, membuka jaringan dan membuat tubuh pikiran tetap sehat dan bugar. Apakah di antara kalian ada yang memiliki cerita unik seputar pekerjaan atau tips cari kerja? Jika ya, silakan berbagi di kolom komentar, untuk bisa dijadikan sharing pengalaman atau pengetahuan untuk kita semua.

Leave a Comment